Bagaimana Hubungan Sosial Mempengaruhi Kesehatan Mental

Hubungan sosial

Hubungan sosial merupakan interaksi sosial yang dilakukan oleh individu dengan individu lain, baik untuk memberikan informasi maupun saling mempengaruhi. Ciri-ciri dari terjadinya hubungan sosial yaitu ketika terdapat lebih dari satu individu, terdapat tujuan yang jelas, dan lainnya.

Akan tetapi, banyak individu yang tidak bisa melakukan hubungan sosial dengan baik. Hal ini dikarenakan sifat atau perilaku individu yang buruk, sehingga hubungan sosial tidak berjalan dengan baik.

Namun, dibalik semua itu, Tahukah Anda jika hubungan sosial dapat mempengaruhi kesehatan mental?

Ya, hubungan sosial dapat mempengaruhi kesehatan mental karena beberapa hal, simak terus informasinya di bawah ini!

Kesehatan mental

Kesehatan mental merupakan individu yang memiliki kondisi sejahtera dan tenang, sehingga dapat melakukan kegiatan dengan rasa senang serta mewujudkan passion dari dalam diri mereka pribadi.

Kesehatan mental sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda mengalami gangguan mental, berarti Anda akan sulit untuk berpikir dan mengendalikan emosi yang berakibat fatal terhadap perilaku sehari-hari.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk dapat menjaga kesehatan mental Anda adalah dengan mempunyai hubungan sosial yang kuat.

Untuk menjaga kesehatan mental, hubungan sosial yang kuat sangat penting. Kami akan membahas mengenai efek isolasi sosial, pentingnya hubungan yang sehat, dan cara praktis untuk memperkuat hubungan sosial Anda dengan orang lain melalui postingan blog ini. Kami juga akan berbicara tentang bagaimana hubungan sosial yang terjalin melalui kegiatan sukarela dan teknologi dapat membantu kesehatan mental Anda.

6 hal yang perlu diperhatikan dalam hubungan sosial dan kesehatan mental

1. Pentingnya hubungan dengan orang lain

Rasa aman dapat berasal dari memiliki jaringan pertemanan dan keluarga yang kuat, sehingga dapat membantu meringankan perasaan depresi dan kecemasan. Hubungan sosial dapat memberikan kesempatan dalam hal dukungan terhadap emosional seseorang, feedback, serta tujuan bersama. Misalnya, Anda mempunyai seseorang yang bisa diajak berbicara tentang perjuangan yang telah Anda lakukan. Oleh karena itu, seseorang tersebut akan memberikan perspektif berbeda mengenai perjuangan Anda. Dengan begitu, mempunyai seseorang yang selalu ada untuk Anda dan merayakan kesuksesan bersama dapat meningkatkan harga diri Anda.

2. Menghindari solasi sosial

Isolasi sosial sendiri diartikan sebagai kondisi dimana individu tidak mampu untuk menjalin hubungan sosial di lingkungan sekitar, sehingga dapat menyebabkan kecemasan pada diri sendiri. Orang yang kurang koneksi sosial lebih mungkin menderita depresi, kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya. Perasaan kesepian dan keterasingan dapat terjadi, hidup sendiri, kehilangan orang yang dicintai merupakan dampak dari isolasi sosial.

3. Membangun hubungan yang kuat

Membangun hubungan yang kuat membutuhkan waktu dan usaha. Namun, hubungan yang kuat dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan mental loh. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda membangun hubungan yang kuat:
  • Meluangkan waktu untuk orang-orang terdekat
  • Menjadi pendengar yang baik bagi orang lain
  • Ucapkan rasa terima kasih dan maaf
  • Bersikaplah terbuka dan jujur ​​dengan orang lain.
Misalnya, menjadwalkan panggilan telepon biasa atau obrolan video dengan teman Anda, atau merencanakan makan malam bulanan dengan anggota keluarga dapat membantu memperkuat hubungan Anda.

4. Bergabung dengan kelompok pendukung

Bergabung dengan kelompok pendukung dapat menjadi cara yang bagus untuk membangun hubungan dan dukungan sosial. Kelompok pendukung menyediakan ruang yang aman bagi orang-orang untuk berbagi pengalaman dan terhubung dengan orang lain yang memahami apa yang sedang mereka alami. Misalnya, kelompok pendukung untuk individu yang hidup dengan penyakit kronis dapat memberikan rasa kebersamaan dan pengertian tanpa membuat seseorang tersebut down. 

5. Melakukan kegiatan kesukarelawan

Kesukarelawanan juga bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun hubungan sosial dan meningkatkan kesehatan mental. Ketika Anda menjadi sukarelawan, Anda tidak hanya membantu orang lain, tetapi Anda juga membangun koneksi dengan individu yang berpikiran sama dan merasakan kepuasan atas apa yang Anda lakukan. Misalnya, menjadi sukarelawan di penampungan hewan setempat dapat memberikan tujuan dan kesempatan untuk terhubung dengan pecinta hewan lainnya.

6. Menggunakan teknologi dengan baik

Walaupun teknologi dapat membantu kita tetap terhubung dengan orang lain, penting untuk diingat bahwa koneksi virtual tidak dapat menggantikan interaksi tatap muka. Pastikan untuk menyeimbangkan waktu yang Anda habiskan secara online dengan waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi dengan orang lain secara langsung. Misalnya, menetapkan batas harian penggunaan media sosial dan menjadwalkan pertemuan rutin dengan teman.

Bagaimana Hubungan Sosial Mempengaruhi Kesehatan Mental

Membangun hubungan yang kuat sangat penting untuk kesehatan mental yang baik. Hubungan sosial yang kuat dapat memberikan rasa memiliki dan keamanan, yang dapat membantu mengurangi perasaan cemas dan depresi. 

Di sisi lain, isolasi sosial dapat berdampak negatif pada kesehatan mental. Dengan meluangkan waktu untuk orang-orang dalam hidup Anda, menunjukkan minat pada orang lain, menjadi pendengar yang baik, mengucapkan rasa terima kasih dan maaf, terbuka dan jujur ​​terhadap orang lain, bergabung dengan kelompok pendukung, menjadi sukarelawan, menyeimbangkan waktu yang dihabiskan secara online dengan waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi dengan orang lain secara langsung dapat membangun hubungan yang kuat dan meningkatkan kesehatan mental Anda. 

Ingat, menjaga kesehatan mental Anda termasuk menjaga hubungan sosial Anda, jadi pastikan untuk memprioritaskan membangun dan menjaga hubungan yang sehat.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Hubungan Sosial Mempengaruhi Kesehatan Mental"