Makna dan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Diri Sendiri

Makna dan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Diri Sendiri

Makna kesehatan mental

Bukan suatu hal yang asing lagi bagi kita tentang kesehatan mental. Makna kesehatan mental adalah kesejahteraan mental yang mana individu dapat sadar akan kemampuannya, sehingga mampu untuk mengatasi segala tantangan dalam hidup.

Kesehatan mental mencakup tiga hal dalam raung lingkup kesejahteraan, yaitu emosional, sosial, dan psikologis. Menurut WHO, makna kesehatan mental ialah kesejahteraan dalam hal fisik, mental, dan sosial secara utuh.

Artinya, kesehatan mental memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan individu, baik fisik, mental, maupun sosial. Oleh karena itu, dapat mempengaruhi tiap individu dalam berpikir dan bertindak.

Kesehatan mental juga dikatakan sebagai bentuk kepedulian dan kesadaran diri sendiri. Dengan lebih peduli terhadap diri sendiri, akan memudahkan tiap individu untuk dapat lebih produktif dalam beraktivitas. 

Pentingnya menjaga kesehatan mental

Makna dan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Diri Sendiri
Ada banyak alasan mengapa kita harus menjaga kesehatan mental. Pentingnya menjaga kesehatan mental diri sendiri sangat berpengaruh terhadap pola pikir dan kinerja individu dalam beraktivitas. Mental yang sehat akan memberi dampak positif bagi tubuh untuk terus berkembang. Berikut alasan pentingnya menjaga kesehatan mental.

1. Dapat menyikapi masalah dengan baik

Seseorang dengan kesehatan mental yang baik cenderung memiliki pemikiran yang positif untuk dapat mengatasi segala permasalahan yang ia hadapi.

2. Menunjang memiliki tubuh yang sehat

Kesehatan mental yang sehat dan baik tentu berkaitan dengan kesehatan fisik seseorang. Pikiran-pikiran positif yang ada pada diri seseorang akan menumbuhkan energi baik dalam tubuh yang nantinya dapat melawan energi negatif yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Rasa percaya diri pada individu memiliki kaitan erat dengan produktivitas yang dapat ia lakukan. Ketika kesehatan mental seseorang itu baik maka rasa percaya dirinya pun akan meningkat sehingga menjadi lebih produktif dalam melakukan berbagai pekerjaan.

Dampak terganggunya kesehatan mental

1. Menjadi tidak percaya diri

Terganggunya kesehatan mental dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Akibatnya, individu tersebut akan sulit untuk berkembang. Padahal, percaya diri merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, terutama di dalam masyarakat.

2. Mudah terserang penyakit

Kesehatan mental yang terganggu akan mudah terserang penyakit. Artinya, mereka cenderung mempunyai pikiran yang negatif, sehingga lebih mudah terserang penyakit.

Selain itu, kesehatan mental juga berkaitan dengan fisik manusia. Dengan kata lain, perasaan dan pikiran seseorang akan mempengaruhi kondisi fisik manusia yang akhirnya kesehatan mental dapat terganggu.

3. Produktivitas menurun

Terganggunya kesehatan mental dapat menyebabkan produktivitas seseorang menjadi menurun. Produktivitas di sini berarti kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan atau menghasilkan barang. 

4. Sulit berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Dalam berinteraksi dengan lingkungan dibutuhkan kesehatan mental yang kuat agar. Kesehatan mental merupakan salah satu faktor dalam melakukan hubungan sosial. Di sini dijelaskan mengenai Bagaimana Hubungan Sosial Mempengaruhi Kesehatan Mental

Cara menjaga kesehatan mental

Upaya untuk menjaga kesehatan mental seseorang dapat dilakukan baik dari diri sendiri maupun dari dukungan lingkungan sekitarnya. Ketika dua hal tersebut saling bekerjasama maka tujuan untuk memperoleh kesehatan mental yang baik dan sehat akan lebih mudah tercapai. Berikut cara menjaga kesehatan mental yang dapat dilakukan:

1. Mencintai diri sendiri

2. Percaya akan kemampuan diri sendiri

3. Tidak membanding-bandingan diri dengan orang lain

4. Memperbaiki hubungan dengan Tuhan YME

5. Melakukan hal-hal positif sesuai dengan bakat dan minat

6. Dukungan dari orang tua, teman, dan lingkungan, baik dalam bentuk perhatian, cinta dan kasih sayang

Posting Komentar untuk "Makna dan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Diri Sendiri"