Pentingnya Memahami Literasi Digital dan Cara Menerapkan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pentingnya Memahami Literasi Digital dan Cara Menerapkan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Definisi Literasi Digital

Zaman sekarang, teknologi dan digitalisasi semakin berkembang. Perkembangan yang semakin cepat membuat informasi dan komunikasi dapat tersalurkan dengan mudah.

Alat yang digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi dan komunikasi tersebut dinamakan dengan internet. Internet berarti sebuah jaringan sistem yang sangat penting untuk terus terhubung secara global dalam penyampaian informasi.

Dengan sangat leluasanya seorang individu dalam menggunakan internet dangat diperlukan sebuah literasi digital.

Literasi digital dapat diartikan sebagai sebuah pengetahuan dan kecakapan dalam menggunakan media digital di tengah perkembangan teknologi dengan bijak, cerdas, dan tepat.

Literasi digital juga dapat didefinisikan kemampuan individu dalam menggunakan teknologi dengan bijak, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dari informasi baru yang didapatkan.

Pentingnya memahami literasi digital

Pentingnya Memahami Literasi Digital dan Cara Menerapkan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa sih yang membuat literasi digital dianggap begitu penting di era digitalisasi ini?

Secara singkat, pada intinya pentingnya memahami literasi digital adalah untuk dapat memfilter segala informasi yang didapatkan melalui internet agar dapat digunakan dengan bijak, serta dapat memanfaatkan era digitalisasi sebagai cara untuk meningkatkan pengetahuan tiap individu.

Berikut pentingnya memahami literasi digital:

1. Menghindari informasi palsu atau hoax

Memahami literasi digital sangatlah penting bagi setiap individu. Hal ini dikarenakan agar bisa terhindar dari informasi palsu atau hoax. Semakin canggih dan berkembangnya teknologi sekarang, membuat informasi mudah tersebar di seluruh dunia.

Dengan adanya pemahaman tentang literasi digital, akan memudahkan individu untuk memfilter informasi baru yang diterima melalui media digital agar terhindar dari hoax.

2. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan

Teknologi digitalisasi tentu akan memberikan informasi baru dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini jika digunakan dengan baik dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan tiap individu.

Salah satu caranya yaitu dengan memahami mengenai literasi digital dengan baik dan benar.

3. Lebih bijak dalam menggunakan media digital

Memahami literasi digital sangatlah penting karena akan memudahkan individu untuk lebih bijak dalam menggunakan media digital. Apalagi, media digital sekarang sangat banyak dan beragam jenisnya.

Bijak dalam menggunakan media digital sangat penting di era perkembangan teknologi digitalisasi. Hal ini dikarenakan agar tidak terpengaruh dengan konten negatif dari media tersebut.

Cara menerapkan literasi digital dalam kehidupan sehari-hari

Dilansir melalui website Tech Boomers, adanya literasi digital dapat memudahkan setiap individu seluruh dunia untuk dapat memanfaatkan teknologi di dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dimulai dengan belajar keterampilan dasar digital.

Oleh karena itu, literasi digital sangat penting dalam menjalankan kehidupan sehari-hari supaya dapat mengikuti dunia digitalisasi yang terus berkembang dan semua aktivitas telah menggunakan digital.

Berikut cara menerapkan literasi digital dalam kehidupan sehari-hari:

1. Penerapan di dalam masyarakat

Berkembangnya teknologi digitalisasi sekarang tidak lepas dari peranan masyarakat di seluruh dunia. Masyarakat sendiri terdiri dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Digitalisasi tidak memandang usia, pangkat, jabatan, bahkan agama sekalipun. Itu semua ada di dalam lingkup masyarakat. Dengan perkembangan teknologi, masyarakat pasti akan menyesuaikan dan mengikuti trend yang ada.

Oleh karena itu, dengan adanya literasi digital dapat membantu masyarakat untuk memudahkan dalam berkomunikasi dan berhubungan dengan banyak orang.

2. Penerapan di dalam pendidikan

Pendidikan merupakan hal utama dalam sebuah bangsa dan negara. Dengan pendidikan dapat membentuk karakter, sumber daya manusia, dan akhlak setiap individu menjadi lebih baik.

Perkembangan teknologi digitalisasi jika tidak diimbangi dengan pembaharuan kurikulum pendidikan akan memberikan dampak buruk kepada peserta didik yang merupakan generasi penerus bangsa.

Untuk itu, pembaharuan kurikulum salah satunya dapat dimulai dengan mengajarkan tentang pentingnya literasi digital sejak dini. Misalnya, dengan memberikan pembelajaran khusus terhadap peserta didik tentang pentingnya literasi digital.

Selain itu, pihak sekolah juga bisa memfasilitasi penggunaan perangkat lunak dalam pembelajaran dengan tujuan menambah informasi baru bagi mereka, sehingga dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuannya.

3. Penerapan di dalam dunia kerja

Menurut Madej-Kurzawa, I., Pieczarka, K., & Wegrzyn, G, literasi digital merupakan salah satu kemampuan yang harus dipenuhi dalam mencari pekerjaan di era digitalisasi ini. Hal ini dikarenakan memang di era digitalisasi ini diperlukan kemampuan dalam hal digital salah satunya menggunakan literasi digital.

Dengan lebih paham mengenai literasi digital, seorang karyawan akan lebih mudah untuk mengerjakan pekerjaannya di tengah perkembangan teknologi. Mereka akan terhindar dari penipuan atau informasi hoax yang dapat merugikan perusahaan.

4. Penerapan di dalam komunitas

Komunitas merupakan sekumpulan individu saling berinteraksi berdasarkan tujuan atau kepentingan yang sama. Dengan tujuan yang sama di suatu komunitas pasti membutuhkan media digital untuk mewujudkan tujuannya.

Agar penggunaan media digital sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diperlukan literasi digital sebagai acuan. Dengan begitu, lebih memudahkan mereka untuk menghindari penipuan dan informasi palsu.

5. Penerapan di dalam keluarga

Salah satu cara yang bisa meningkatkan pemahaman tentang literasi digital sejak dini yaitu dengan cara mengajarkan atau menerapkan di dalam keluarga. Keluarga terutama orang tua memiliki peran penting atas segala tindakan atau perilaku anaknya.

Perkembangan teknologi digitalisasi yang semakin pesat membuat semua hal bisa saja terjadi, apalagi hal buruk ketika menggunakan media digital. Oleh karena itu, agar anak lebih bijak dalam menggunakan media digital diperlukan peranan dari keluarga.

Misalnya, orang tua selalu mengawasi anak ketika menggunakan gadget, tidak memberikan gadget ketika masih kecil, dan lain sebagainya.

Tantangan memahami dan menerapkan literasi digital

1. Arus informasi semakin deras

Dalam memahami pentingnya literasi digital serta penerapan dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari tantangan dan hambatan. Tantangan yang paling besar dan terus menjadi hambatan yaitu arus informasi yang semakin deras.

Artinya, di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, masyarakat dapat menerima informasi dari mana dan siapa saja, serta datang setiap saat. Hal ini menyebabkan masyarakat dapat menerima informasi yang berbeda-beda di waktu yang bersamaan.

Kondisi tersebut menjadi tantangan dalam literasi digital karena bagaimana caranya agar masyarakat bisa untuk mencari, memahami, dan memfilter informasi yang didapatkan. 

Selain itu, masyarakat harus bisa menentukan mana informasi yang salah dan benar. Itulah yang akan terus menjadi tantangan dalam literasi digital.

2. Konten negatif atau hoax

Akibat derasnya arus informasi yang ada dapat memberikan konten negatif dan hoax atau palsu bagi masyarakat. Apalagi, konten-konten tersebut berasal dari berbagai sumber di seluruh dunia.

Misalnya, konten negatif seperti pornografi, SARA, judi, dan lainnya akan lebih mudah untuk masuk di ranah masyarakat jika tidak diimbangi dengan literasi digital. Selain itu, informasi hoax atau palsu yang sangat meresahkan di kalangan masyarakat.

Untuk itu, literasi digital sangat penting peranannya supaya masyarakat dapat memfilter konten dan informasi yang positif dan negatif.

Penutup

Dari berbagai pernyataan di atas menyatakan bahwa literasi digital sangat penting untuk dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi yang semakin canggih harus bisa diimbangi dengan literasi digital agar dapat terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Memahami Literasi Digital dan Cara Menerapkan Dalam Kehidupan Sehari-hari"